Upacara 17 Agustus 2024 Perdana di IKN?

Upacara 17 Agustus 2024 Perdana di IKN?

10
0
BERBAGI
Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), di Kalimantan Timur.

JAKARTA, SEDULANG – mendekati Hari Peringatan Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024, pemerintah disebut-sebut sudah mempunyai perencanaan soal upacara tahunan.

Jika biasanya dilaksanakan di Istana Negara, tahun ini ada kemumgkinan akan digelar di Ibu Kota Negara (IKN). Hal ini pun sudah digembar-gembor oleh sejumlah menteri di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam beberapa waktu terakhir.

Seperti halnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan. Ia bahkan optimis jika upacara 17 Agustus 2024 yang bertepatan pada usia Indonesia ke-79 akan dilaksanakan di IKN, tepatnya di lapangan upacara di depan Istana Negara IKN.

Dia merujuk kesiapan infrastruktur fisik yang sudah mencapai 80 persen.

“Ya, yang tadi ada yang pending-pending, kalau jalan tol hampir semua selesai dan 17 Agustus upacara bisa dilakukan di sini,” kata Luhut saat mengecek proyek IKN di Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur, beberapa waktu lalu dikutip dari detikFinance .

“Kalau ada jalan kurang bagus saya kira itu bisa berproses. Jika 80% sudah bisa selesai untuk 17 Agustus ini, dan semuanya berjalan dengan baik,” ujarnya.

Pada kesemparan itu, Luhut juga meninjau Tol IKN Segmen 3A dan 3B melalui udara, lalu dilanjutkan meninjau Tol IKN Segmen 5A, Dermaga Logistik IKN, serta Bandara VVIP IKN melalui jalur darat. Dia menyatakan bandara IKN bisa didarati dan mengakomodasi tiga pesawat pada 17 Agustus.

“Tapi untuk selesai kira-kira satu tahun lagi selesai,” ujar Luhut. (Rz)

LEAVE A REPLY