Uang Pecahan Rp100 Ribu Bergambar Jokowi, Hoaks!

Uang Pecahan Rp100 Ribu Bergambar Jokowi, Hoaks!

106
0
BERBAGI

SEDULANG | Media sosial TikTok dihebohkan dengan sebuah video yang menampilkan mata uang rupiah pecahan seratus ribu dengan desain bergambar Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mendapati viralnya postingan itu, Bank Indonesia (BI) angkat suara. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoaks. Pihaknya, kata Erwin tidak pernah mengeluarkan uang baru dengan desain seperti yang tersebar.

Ia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam menyebarkan informasi. Sebab, jika hal itu mengakibatkan kegaduhan, dapat dikenakan sanksi pidana, dan dikenai dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Ya jangan macam-macamlah, uang itu kan menggambarkan kedaulatan negara, enggak boleh main-main, itu ada UU-nya sanksi pidananya,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, dikutip dari Okezone.com Selasa (12/7/2022).

Namun demikian, bank sentral itu, menurut Erwin tidak gegabah dalam menentukan langkah hukum. Ia hanya menegaskan jika gambar yang digunakan di dalam mata uang hanya para pahlawan yang telah gugur.

“Lagi timbang-timbang manfaat sama mudaratnya karena kalau kayak gitu apalagi tiktok-tiktokan kalau direspons mereka akan senang rating naik orang lihat,” katanya. (Eds)

LEAVE A REPLY