Polemik Pj Bupati Bangka, Pj Gubernur dan Bawahan Beda Pendapat Soal Surat...

Polemik Pj Bupati Bangka, Pj Gubernur dan Bawahan Beda Pendapat Soal Surat Kemendagri

10
0
BERBAGI
Ilustrasi atribut kepangkatan Bupati. Foto: net

PANGKALPINANG, SEDULANG – Polemik penggantian jabatan Penjabat (Pj) Bupati Bangka belum juga menemui titik terang. Bahkan, saat ini persoalan tersebut merembet ke wilayah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel).

Tampak adanya komunikasi yang terputus antara pimpinan tertinggi yakni Pj Gubernur Babel Safrizal Zakaria Ali, dengan bawahannya menanggapi beredarnya surat dari Kemendagri berupa potongan tangkapan layar yang diduga merupakan surat keputusan (SK) pemberhentian M. Haris sebagai Pj Bupati Bangka, untuk digantikan Budi Utama.

Dalam suatu kesempatan, Safrizal mengaku belum menerima surat yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), yang notabene masih menjadi tempatnya mengabdi sebagai Dirjen Bina Adwil. Bahkan, ia menegaskan penggantian Pj Bupati Bangka hanya isu.

“Isu. Itu hanya isu saja. Saya belum terima surat tersebut,” <span;>ujar Safrizal menanggapi beredarnya surat, yang dikutip dari seputarindonesia.id akhir Mei Lalu.

Sementara itu, berselang beberapa hari kemudian saat dikonfirmasi media ini kepada Plh Kepala Biro Pemerintahan Mori Sanjaya, ia mengakui jika pihaknya menerima surat dari Kemendagri. Namun sejauh ini surat tersebut belum ditindaklanjuti.

“Memang benar ada surat dari Kemendagri yang masuk. Tapi, kami belum bisa memastikan sifat surat itu apakah SK atau berkenaan dengan hal lain, karena untuk menindaklanjuti itu kami menunggu arahan pimpinan,” ujarnya, Senin (3/6/2024).

Mori menjelaskan, kalau pun surat yang masuk merupakan SK yang selama ini beredar, ia menegaskan pihaknya akan tahu. Pasalnya, setiap adanya pelantikan akan melibatkan Biro Pemerintahan untuk menyiapkan pemberkasan, ataupun mengenai hal-hal teknis lain dalam prosss pelantikan.

“Kalau ada arahan kami persiapkan, hanya saja surat itu belum kami ketahui, dan arahan belum ada, karena memang yang menyiapkan Biro Pemerintahan. Sejauh ini yang kami tahu ada surat itu dari grup-grup WA seperti di grup WA ASN. Intinya kami menunggu arahan,” pungkasnya.

Dalam surat yang beredar luas, tertulis redaksi:

“Memberhentikan Saudara M. Haris, AR., AP., M.H Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai Penjabat Bupati Bangka, disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya selama selama memangku jabatan tersebut”

“Mengangkat Saudara Budi Utama, S.STP., M.Si Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai Penjabat Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung”. (Rz)

LEAVE A REPLY