Kereta Tanpa Rel Akan Diujicoba di IKN

Kereta Tanpa Rel Akan Diujicoba di IKN

14
0
BERBAGI
Ilustrasi pembangunan di Ibu Kota Nusantara. Foto: net

JAKARTA, SEDULANG – Pembangunan di Ibu kota Nusantara (IKN) terus dilaksanakan pemerintah. Satu lagi rencana yang akan digagas melalui Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yakni pembangunan automated rail transit (ART) atau kereta tanpa rel.

Rencana besar yang menjadi hasil dari lawatan Kemen PUPR ke China itu, kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga, akan melibatkan pihak lain seperti Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Koordinasi akan dilakukan.

“Rencananya Kementerian Perhubungan yang membuat namanya ART. Ini kereta tidak pakai supir dan relnya bukan rel fisik, tapi magnet atau pakai sensor,” ujarnya dikutip dari kontan.co.id, Jumat (19/4).

Agar APBN Tak Jebol Danis mengungkapkan, pihaknya diminta untuk bekerja sama dengan Kemenhub, sebab lintasan kereta tanpa rel tersebut bakal melewati jalan yang tengah disiapkan oleh Kementerian PUPR.

“Kita diminta menemani Kemenhub karena nanti akan lewat jalan yang sedang kita siapkan,” ungkapnya.

Danis menuturkan, uji coba pembangunan kereta tanpa rel tersebut akan segera dilakukan dalam waktu dekat ini. Rencananya, proses uji coba bakal dilakukan di area Sumbu Kebangsaan Barat IKN, di mana akan dilakukan pada trase sepanjang 4 hingga 5 kilometer.

“Kalau jalannya di Sumbu Kebangsaan Barat sudah hampir selesai sudah 90%-an,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pihaknya bakal melakukan kunjungan ke China dalam rangka mempelajari kereta tanpa rel tersebut yang bakal dibangun di IKN. (Rz)

LEAVE A REPLY