Apa itu Maniac Episode?

Apa itu Maniac Episode?

148
0
BERBAGI

Kalian pasti sudah mendengar kabar salah satu aktris Indonesia yang mengidap Bipolar Disorder, Marshanda, yang sempat hilang di Amerika saat mengalami Maniac Episode. Apa sih Maniac Episode?

Dilansir dari laman halo.doc, Mania/Maniac ini merupakan gejala utama seseorang dengan gangguan bipolar Gangguan ini merupakan penyakit mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang ekstrem. Saat sedang kambuh penderita akan sangat sulit untuk mengontrol suasana hati, termasuk saat bersosialisasi bersama orang lain.

Sedangakan setiap perubahan suasana hati yang terjadi disebut dengan episode. Setiap episode sendiri akan menunjukkan tiga gejala utama, yaitu mania, hipomania, dan juga depresi.

Sehingga Maniac Episode adalah salah satu gejala dari gangguan bipolar. Bipolar Disorder ini merupakan gangguan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati yang ekstrem dan  juga ditandai dengan gejala depresi.

Saat episode mania muncul, gejala akan ditandai dengan perasaan senang berlebihan yang tidak berasalan, mengambil keputusan dengan cepat dan buruk, tidak butuh tidur atau istirahat, terlihat sangat gelisah, halusinasi, serta berulang kali mengulang topik pembicaraan yang tidak sama.

Selama episode mania terjadi, aktivitas sehari-hari pengidap bisa terganggu. Sulit untuk mengalihkan gejala mania yang muncul dan membuat keadaan menjadi lebih tenang. Apalagi episode ini dapat berlangsung selama berminggu-minggu. Hal tersebut yang membuat pengidap yang mengalami episode mania harus mendapat perawatan yang tepat.

Selain itu dukungan dari orang-orang terdekat juga sangat membantu dalam memberikan kenyamanan bagi penderita mental disorder ini.

LEAVE A REPLY